Selasa, 30 November 2010

Plimsoll Mark




Artikel kali ini mengenai Plimsoll Mark, pelajaran mengenai hal ini dahulu aku dapatkan dari buku yang tebal dan mungkin bertele – tele.. (hehe..) berikut penjelasan singkatnya..


Latar Belakang.
Waterline, National Load Line atau Plimsoll Line diciptakan oleh Samuel Plimsoll, ditempatkan di midships, Mark ini menunjukkan batas-batas kapal boleh dimuat untuk jenis air dan suhu tertentu. Juga untuk mengetahui batas air naik atau turun terhadap lambung. Temperature juga mempengaruhi laju kapal karena air hangat dapat mengurangi buoyancy,dimana air hangat kurang padat daripada air dingin. Salinitas air juga mempengaruhi level Draft, fresh water kurang padat daripada seawater.
Untuk kapal dengan Displacement Hull, kecepatan ditentukan oleh antara lain, tingginya permukaan air pada lambung kapal. Dan untuk sebuah kapal berlayar, tinggi permukaan air pada lambung kapal dapat mengubah secara signifikan Heel sebuah kapal, dan secara dinamis dapat mempengaruhi kecepatan kapal.
Dalam desain pesawat, Waterline adalah istilah yang merujuk ke lokasi – lokasi item vertikal di pesawat. Hal ini (biasanya) "Z" sumbu XYZ sistem koordinat, dua lainnya sumbu ke dalam pesawat Fuselage Station (X) and Buttock Line (Y).
Tujuan.
Tujuan dari Waterline adalah untuk memastikan bahwa Freeboard kapal telah cukup (ketinggian dari permukaan air ke geladak utama) dan dengan demikian memiliki daya apung yang cukup (misalnya, volume tertutup oleh daerah antara garis air dan dek utama). Freeboard untuk kapal komersial diukur dari antara titik terendah uppermost sampai ke permukaan air dan tidak boleh kurang dari freeboard yang telah ditandai pada Load Line Certificate yang dikeluarkan untuk kapal tersebut. Semua kapal komersial, selain dalam keadaan luar biasa, memiliki simbol Load Line yang dicat pada bagian Midship di setiap sisi kapal. Simbol ini juga harus ditandai secara permanen, jadi jika cat abate tetap terlihat. Load line memudahkan bagi siapa saja untuk menentukan apakah kapal itu kelebihan beban atau tidak. lokasi persis dari Load Line/Plimsoll Mark dihitung dan / atau diverifikasi oleh Classification Societies yang mengeluarkan sertifikat yang relevan.
Load Line Mark and Lines for commercial sailing vessels

Sejarah.
Peraturan resmi Loading pertama kali diperkirakan untuk tanggalnya kembali ke hukum maritim yang berasal dengan kerajaan Kreta pada tahun 2.500 SM ketika kapal diharuskan melalui inspeksi Loading dan pemeliharaan. Peraturan Roma laut juga mengandung aturan serupa.
Pada Abad Pertengahan Republik Venesia, kota Genoa dan liga Hansa mewajibkan kapal untuk memuat Load Line. Dalam hal ini tanda/simbol di Midship kapal Venesia dan Genoa adalah tiga garis horisontal. Rekomendasi Loadline pertama abad ke-19 diperkenalkan oleh Lloyd's Register of British and Foreign Shipping pada tahun 1835, setelah melalui diskusi antara shipowners, shipper dan underwriter. Lloyds merekomendasikan freeboards sebagai fungsi kedalaman palka (3 inch per feet of depth). Rekomendasi ini, banyak digunakan sampai tahun 1880, dikenal sebagai "Lloyd's Rules".
Pada 1860, setelah terjadinya peningkatan kerugian karena kapal kelebihan beban, seorang Inggris bernama Samuel Plimsoll, memperkenalkan penyebab dari Load Line. Sebuah Komisi untuk kapal laik laut didirikan pada tahun 1872, dan pada 1876, United Kingdom Merchant Shipping membuat Undang - Undang untuk wajib membuat tanda Load Line, meskipun letak posisi tanda itu tidak diatur oleh hukum sampai tahun 1894. Pada tahun 1906, undang-undang disahkan dan setiap kapal asing yang mengunjungi pelabuhan Inggris harus tandai dengan Load Line. Tidak sampai tahun 1930 (The 1930 Load Line Convention) setelah melalui International agreement peraturan tersebut diaplikasi secara universal. Pada tahun 1966 Load Lines Conventions diadakan di London Amandemen itu diperiksa ulang dan diperbarui pada tahun 1930. Sejak konvensi tahun 1966 terlihat perubahan amandemen tahun 1971, 1975 1979, 1983, 1995 dan 2003.
Load Line Mark and Lines and Timber Load Line Mark and Lines for power driven merchant vessels

Standart Loadline Mark.
Plimsoll Mark adalah sebuah lingkaran dengan garis horisontal melalui lingkaran itu untuk menunjukkan draft maksimum kapal. tanda-tanda tambahan telah ditambahkan selama bertahun-tahun, diharapkan memungkinkan untuk melewati berbagai density air dan kondisi laut yang berbeda. Certificate tersebut juga menunjukkan tanda disisi Midship menandakan bahwa kapal tsb telah disurvei Load Line oleh Classification Society. Inisial digunakan termasuk AB untuk ABS, LR untuk Lloyd's Register, GL untuk Germanischer Lloyd, BV untuk Bureau Veritas, IR untuk India Register of Shipping, RI untuk Registro Italiano Navale dan NV untuk Det Norske Veritas. Mark ini harus tinggi sekitar 115 milimeter dan lebar 75 milimeter Panjang Load Line disebut menunjuk selama dan setelah perhitungan garis beban tersebut.
Huruf yang terdapat pada Plimsoll mark memiliki arti sebagai berikut:

TF – Tropical Fresh Water
F – Fresh Water
T – Tropical Seawater
S – Summer Temperate Seawater
W – Winter Temperate Seawater
WNA – Winter North Atlantic

Tropical Fresh Water dianggap memiliki kerapatan 1000 kg / m³ dan air laut 1025 kg / m³. tanda Tropical Fresh Water memberi fakta bahwa kapal akan mengapung lebih dalam di air tawar dari pada air garam. Sebuah kapal dimuat di air tawar  dan tujuannya adalah Summer Temperate Seawater dan seharusnya waterline harus lah berada di Tropical Seawater kapal tersebut akan mengapung secara aman air laut.
The Summer Load LIne adalah primary Load line  dan dari mark ini bahwa semua mark lain berasal. Posisi dari garis Summer Load dihitung dari aturan Load Line yang diterapkan ini tergantung pada banyak faktor seperti panjang kapal, jenis kapal, jenis dan jumlah suprastruktur, jumlah sheer, bow height, dan sebagainya. Garis horizontal melalui tanda lingkaran Plimsoll berada sejajar pada tingkat  garis beban Summer.
The Winter Load Line adalah terletak 1 / 48 dibawah dari draft Summer Load line
The Tropical Load Line adalah terletak 1 / 48 diatas dari draft Summer Load line. The Fresh Water Load Line sama dengan ∆ /40T cm di atas garis beban Summer Load line di mana ∆ adalah perpindahan dalam metrik ton pada Summer Load Line dan T adalah beban MT per cm pada saat perendaman draft. Dalam setiap kasus di mana ∆ tidak dapat dipastikan beban pada garis Fresh Water pada tingkat yang sama dengan garis Tropical.
Tropical Fresh Water Load Line Posisinya biasanya relative terhadap garis Tropical Load Lines ditemukan dengan cara yang sama seperti Tropical ke Summers.
The Winter North Atlantic Load Line digunakan oleh kapal tidak melebihi panjang 100 feet  ketika di daerah-daerah tertentu di Samudra Atlantik Utara selama periode musim dingin. Ketika digunakan itu adalah 50 mm di bawah tanda garis Winter.

Timber Load Line Mark.
Timber Load Line Mark ditetapkan di Freeboard pada kapal kayu tertentu. Tetapi sebelum Plimsoll dapat ditetapkan harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Salah satu kondisi tersebut adalah bahwa kapal harus memiliki forecastle minimal 0,07 panjang kapal dan tidak kurang dari tinggi standar yang tetapkan yaitu dari 1,8 m sampai 75 m atau panjangnya kurang dan 2,3 m sampai 125 m atau lebih panjang dengan ketinggian menengah. Poop atau quarter deck juga perlu diangkat jika panjangnya kurang dari 100 m. Dalam symbol  itu menandai awalan L untuk menunjukkan garis Timber Load Line. Kecuali untuk Timber Winter North Atlantic freeboard dan freeboards yang lain kurang dari standar freeboards. Hal ini memungkinkan kapal untuk membawa kayu tambahan kargo pada dek, tapi dengan fasilitas untuk membuang kargo ini.
Huruf yang terdapat pada Timber Plimsoll mark memiliki arti sebagai berikut:

LTF – Timber Tropical Fresh Water
LF – Timber Fresh Water
LT – Timber Tropical Seawater
LS – Timber Summer Seawater
LW – Timber Winter Seawater
LWNA –Timber Winter North Atlantic

The Summer Timber Load Line berasal dari tabel yang sesuai di aturan Load Line.
The Winter Timber Load Line adalah terletak 1 / 36 dari beban rancangan Summer Timber Load Line dan berada dibawah draft Summer Timber load line.
The Tropical Timber Load Line adalah terletak 1 / 48 dari rancangan Summer Timber Load Line dan berada diatas draft Summer Timber Load Line.
The Timber Fresh Water dan The Timber Tropical Fresh Water dihitung dengan cara yang sama dengan Air Tawar dan Tropical Fresh Water, kecuali jika displacement dalam formula yang digunakan adalah dalam draft Summer Timber Load Line. Jika hal ini tidak dapat dipastikan maka draft ini akan menjadi 1 / 48 diatas dari draft Timber.
The Timber Winter North Atlantic load line berada pada tingkat yang sama dengan draft The Winter North Atlantic load line

Subdivision Load Line Marks
Kapal Penumpang memiliki ruang yang disesuaikan dengan akomodasi penumpang dan transportasi kargo memiliki alternatif satu atau lebih draft Load Line tambahan sesuai dengan subdivision draft yang disetujui untuk sebuah kondisi alternatif. Draft alternative ini biasanya ditunjukkan dengan kode C1 untuk kondisi penumpang pokok, dan C2, C3 dll, tetapi bagaimanapun strip subdivision draft ditempatkan di atas dari water load line terdalam dalam seawater.

Gambar : Subdivision Load Line Mark.
Passenger vessel with no allowed Subdivision Load line

Passenger vessel with two allowed Subdivision Load lines

Passenger vessel with one allowed Subdivision Load line
Sumber : Wikipedia Indonesia.

2 komentar:

  1. apa yang membedakan dengan TF,F,T,S,W,WNA......apakah setiap tempat akan beda beda plim soll marknya dan yang membedakan itu pengaruh apakah dri jenis airnya.....?????

    BalasHapus
  2. Dear Apyon, Tepat sekali yang membedakan adalah dari nilai kepadatan air, Letak dari loadline berbeda setiap kapal mengikuti struktur dan desain untuk tujuan kapal dan posisi dan format huruf tetap sama.

    BalasHapus