Sebenarnya jika Draught Mark berada tepat pada garis perpendicular maka tidak dibutuhkan untuk menghitung Correction Draught ini.
Karena letak Draught Mark tidak tepat pada garis penpendicular maka kita lakukan perhitungan Correction ini. Dengan Perhitungan sebagai berikut :
Diketahui :
Fore Draught = 14.150 m
Aft Draught = 14.185 m
Dimana :
LBP = 217.000 m (Length Between Perpendicular/ Jarak antara F. P dgn A. P)
dF = 2.050 m (Jarak antara Fore Draught dgn Fore Perpendicular)
⨂ = 0.540 m (Jika waterline melwti draught 13.60m symbol ⨂ = Midship, selanjutnya ku sebut mid)
dA = 9.200 m (Jarak antara Aft Draught dgn Aft Perpendicular)
Trim = 0.035 m (Selisih antara Fore Draught dgn Aft Draught)
Draught Correction untuk Fore Draught.
dF = dF x Trim
LBP – ( dF + dA )
dF = 2.05 x 0.035
217.00 – (2.05 + 9.20)
dF = 0.010 x 0.035
dF = 0.000
Jika :
dF = df + dF (trim by stern) maka dF = + 0.000
Df = df – dF (trim by head) maka dF = - 0.000
dA = dA x Trim
LBP – ( dF + dA )
dA = 9.20 x 0.035
217.00 – (2.05 + 9.20)
dA = 0.045 x 0.035
dA = 0.002
Jika :
dA = da + dA (trim by stern) maka ∆dA = + 0.002
Da = da – dA (trim by head) maka ∆dA = - 0.002
*Case A. Jika batas air melewati Draught 13.60 m |
Mid = Mid x Trim
LBP – ( dF + dA )
Mid = 0.54 x 0.035
217.00 – (2.05 + 9.20)
Mid = 0.003 x 0.035
Mid = 0.000
( *Case A. jika batas air melewati Draught 13.60 m)
Notes :
Pada kasus diatas jika trim by stern maka :
Correction value dF adalah minus ( - 0.000 )
Correction value dA adalah plus ( + 0.002 )
Correction value Mid adalah minus (- 0.000 )
keren,,,,
BalasHapuslanjutkan.....
pengen belajar juga nich....??????