Senin, 29 November 2010

Draught Feet


Dear Surveyor, mungkin ada teman – teman yang pernah menemukan draft dalam bentuk satuan feet (biasanya jarang sekali ditemukan dan biasanya hanya terdapat dalam kapal buatan lama). Berikut ini penjelasan mengenai hal tersebut :

Draft kapal atau dikatakan juga sebagai sarat air kapal adalah jarak vertikal antara garis air sampai dengan lunas kapal, Draft menentukan kedalaman air minimum dari sebuah kapal atau perahu aman untuk navigasi. Draft juga dapat digunakan untuk menentukan berat kargo di kapal dengan menghitung Total Displacement dan kemudian menggunakan prinsip Archimedes. Sebuah Table yang dibuat oleh galangan kapal menunjukkan Displacement untuk masing-masing draft. Kepadatan air (Salt atau Fresh water) dan isi dari kapal bunker harus diperhitungkan. Trim istilah terkait erat didefinisikan sebagai perbedaan antara Fwd Draft dan Aft Draft. Draft juga digunakan untuk menetapkan kedalaman alur pelayaran yang dilewati kapal serta termasuk kedalaman air di dermaga tujuan.
Jarang sekali menemukan Draft dalam bentuk feet ini karena biasanya hanya terdapat pada kapal - kapal buatan lama. Dan biasanya hanya draft marknya dalam satuan feet tetapi Hydrostatic Displacement table-nya dalam satuan meter.
Dibawah ini adalah gambar Draft Mark dalam feet beserta penjelasannya: 
Gambar diatas menunjukan interval antara kedua draft adalah 12 inch dan tinggi Draft adalah 6 inch.
Ok, kita lanjutkan...

Jika kasus studinya seperti pada gambar diatas, maka data yang kita peroleh adalah 24.02
penghitungan data tersebut adalah : 2 / 12 + 24 x 0.3048 = 7,37 m
Dibawah adalah convertion table-nya:
 
m
Ft
inch
1
3.2808
39.370
0.3048
1
12.00
0.0254
0.0833
1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar