Senin, 06 Desember 2010

Instrument Draft Survey



Alat – alat yang aku bahas kali ini adalah seperti yang tercantum dan direkomendasikan dalam Code Uniform Standards and Procedures For The Performance of Draught Survey of Coal Cargo yg dikeluarkan oleh United Nation bidang Economic  and Social Council hal. 53 bab 2 Draught Survey Instrument.
Yang aku maksudkan dan dibahas disini adalah mengenai peralatan pada saat pembacaan draft dan alat – alat ini tidak digunakan pada ukuran air tenang.
Tentu saja tingkat error akan tinggi dalam kondisi rough sea. Dan untuk mengurangi tingkat error diperlukan instrument-instrument seperti ini.

Sebuah tabung plastic transparan diberi lubang pada setiap ujungnya dengan panjang 1 m dan berdiameter 2 cm, diberi pemberat sekitar 1 kg, dan diberi indikator pelampung dalam tabung tersebut, seperti dalam gambar diatas. Dengan adanya alat ini pada indikator pelampung , water level akan terlihat naik turun dengan tenang.

Dibawah ini adalah instrument dalam pembacaan draft survey, yang dikembangkan dan dipatenkan oleh Nippon Keiji Kentei Kyokai.
Draught Indicator Pattern by Nippon Kaiji Kentei Kyokai


Indikator draft survey ini dibagun dengan bagian - bagian sbb :
1.     Water – guising rubber hose
2.     Sinker for water – guiding rubber hose
3.     Draft indicator inner tube
4.     Draft indicator protector
5.     Protector cap
6.     Water level indicator
7.     Measuring line fixing metal
8.     Lead weight fixing ring
9.     Alighting recognizing rod fixing metal

Deskripsi tentang bagian - bagian dalam Indikator draft survey ini :



1.     Water – guising rubber hose
Selang karet terletak diluar berdiameter 10 mm (didalam berdiameter 5 mm) sdibutuhkan panjang sekitar 20 ft. Di pelabuhan dimana minyak banyak mengapung, karet sering rusak. Oleh karena itu, digunakan tabung vinyl dari diameter yang sama, tetapi dalam waktu musim dingin, vinyl tidak cocok  digunakan, banyak celah karena kekerasan yang dapat mencegah indikator menunjuk tingkat air yang benar. selang karet sintetis lebih baik.
2.     Sinker for water – guiding rubber hose
Dalam rangka menenggelamkan selang ke bawah, gunakan pipa baja pemberat dengan ketebalan yang cukup dipasang di bagian bawah selang karet
3.     Draft indicator inner tube
Diameter luar sekitar 22 mm panjang sekitar 480 mm menggunakan tabung vinyl transparan. Ujung bawah dihubungkan ke panduan selang air. Air masuk ke pipa terbuka pada bagian atas sehingga untuk melepaskan udara dalam tabung.
4.     Draft indicator protector
Panjang keseluruhan sekitar 550 mm. Tabung utama terbuat dari kuningan, panjang sekitar 500 mm,  diameter didalam 22 mm, memiliki lebar 15 mm dan panjang jendela 450 mm. Selang air yang berpemberat baja tadi terhubung langsung ke pelindung ini.
5.     Protector cap
Perangkat untuk mencegah masuknya air dari tabung atas dan mencegah pemisahan indikator di masing-masing dari pengecekan yang lalu, dan terhubung dengan tali pengukur dari main deck dan indikator level air.
6.     Water level indicator
Panjang 470 mm. lebar 15 mm dan ketebalan 3 mm, terbuat dari plastik. Dalam rangka untuk menunjukkan tingkat air, permukaan yang mengkilap dibuat kusam dengan kertas pasir. Ini dimasukkan dalam tabung dan tetap dengan bagian bawah penutup pelindung.
7.     Measuring line fixing metal
Terletak di bagian atas penutup oleh jepitan sekrup dan terhubung dari ring ke akhir tali pengukur. Bagian atas logam ini menunjukkan 0 inci, dengan kata lain, untuk mengukur melewati garis start di sana.
8.     Lead weight fixing ring
Menggunakan kawat berisolasi vinyl berdiameter 3 mm, untuk menggantung pemberat agar protector tetap tegak.
9.     Alighting recognizing rod fixing metal
Ketika menurunkan instrumen dalam air dan melihat ke bawah dari kanan atas, beberapa tanda horizontal diperlukan, logam ini yang akan digunakan.

Untuk menggunakan instrument ini ikuti example dibawah ini :
Example :
Dari tempat yang ditandai dengan indikator draft  8 m dimana lebih rendah dari panjang  tape line 1,20 m dan menganggap bahwa pelindung telah mencapai bagian bawah permukaan air.
Ambil indikator draft dan lihat perubahan warna permukaan air pada indicator dan misalkan menunjukkan 17 cm.
8.00 – (1.20 + 0.17) = 6.63 m ……>> ini adalah draft yang terbaca.

Peringatan untuk penggunaan :
1.     Pastikan penutup sumbat telah tertutup erat.
2.     Setelah pelindung bertengger di atas air, Anda tidak perlu menaikkan measure tape untuk membawanya sejalan dengan titik datum di sisi kapal. Anda hanya diperbolehkan untuk menurunkannya.
3.     Setelah mengambil pengukur, anda dapat menurunkan measure tape 3 atau 4 inchi, dan kemudian bisa mengukur tiga atau empat kali berturut-turut.
4.     Bila seluruh permukaan indikator basah, angkat dan buka bagian bawah dan biarkan terkena paparan angin. Segera indikator akan kering dan dapat digunakan untuk pengukuran berikutnya. Pada malam hari ketika Anda tidak bisa mengamati permukaan yg basah, Anda dapat menggunakan lapisan kapur pada permukaan pelat indicator
5.     Setelah bagian bawah indikator draft bertengger di atas air, itu akan memakan waktu 10 detik sampai air masuk kedalam pipa dan berhenti. Dalam semua kasus, Anda harus membiarkan 15 detik untuk pembentukan tingkat air.
6.     Ketika selang air bengkok atau kusut, akan ada beberapa ketidaknyamanan untuk menghilangkan air. Oleh karena itu, penting untuk menentukan bahwa tabung semua dibersihkan sebelum pipa yang menuju ke dalam air.
7.     Ketika tape line didorong keluar atau menggulung oleh angin kencang dan menpengaruhi akurasi, gunakan kabel 3 mm electric cord measure lines, bukan pita pengukur biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar